Jumat, 25 November 2022

STUDI KASUS: GO TO

by Erizeli Jeli Bandaro “ Uda, kenapa Telkomsel mau aja beri pinjaman ke GoTo dengan skema Convertible bond ( obigasi konversi ).? Jumahnya gede lagi, Rp. 4,3 Triliun. Padahal kan di dalam Telkomsel ada Singtel. Kalau lihat saham GoTo jatuh, apa iya sebodoh itu Singtel ? Tanya Yuni kemarin. “ Saya tanya kamu jawab. Sudah itu kamu jawab sendiri pertanyaan itu. Bisa ? “ Bisa.” Kata Yuni tegas. “ Siapa pemegang saham 35% Telkomsel ? “ Singtel. “ “ Siapa pemegang saham SIngtel ? “ Temasek.” “ Nah Temasek itu unit bisnis di bawah Singapore government Investment atau Sovereign Wealth Fund nya singapore.. Temasek juga pemegang saham di Gojek dan Tokopedia. Semua Pemegang saham Tokopedia ada di GoTo.” Yuni terdiam, Sepertinya dia mikir, Saya diam juga. Dia tatap saya lama. “ Uda, setahu Yuni, kan dalam kurun tahun 2018-2020, GOTO masih mencatatkan kerugian di level double digit. Jangan jangan merger itu memang tujuannya exit strategi dari kerugian. Dan mereka rampok Telkomsel hanya untuk exit. Sama juga dengan BUKA, ya juga ada SGI. Memang udah modus tuh SGI" Saya diam saja seraya tersenyum. “ Kenapa Telkom sebagai pemegang saham pengendali Telkomsel diam saja? Eh Telkom juga jadi korban saham GoTo, jebol hampir Rp. 1 triliun akibat saham GoTo engga bisa diangkat. Kenapa ya? Saya diam saja. “ Eh meneg BUMN kan Adiknya Boy Thohir pemegang saham GoTo. Ya wajarlah. “ Yuni ngeliat saya. “ ya uda, Benar ya” katanya pukul lengan saya. “Engga tahu saya.” “ Ah uda pura pura engga tahu. Uda kan kenal dengan gank itu. Bahkan uda kenal dengan Lim Chow Kiat. Yuni tahu." “ Ya engga tahu. “Kata saya tersenyum. " Dia temannya Richard" “ Anehnya diam diam pemegam saham pendiri GoTo jual saham GoTo sebelum jatuh. Jualnya diam diam lewat pasar negosiasi. Nominal 1 rupiah harga sape lebih. Duh cuan tuh. Aneh kok OJK engga seprit ya” Kata Yuni lagi. Dia mengangguk ngangguk. Saya pegang paha yuni lagi setir. Yuni pakai celana panjang. “ Kamu jaga kesehatan ya. Jangan sakit.” kata saya. “ Ya uda. Tenang aja. Selagi uda sehat, Yuni juga sehat.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar