Senin, 16 Mei 2016

LISTEN TO OTHERS

I LIKE MONDAY

start your week with creative perspective


Minggu lalu sebenarnya ada banyak hal seru dalam agenda saya. Ada coaching untuk para peserta Adira Innocamp yang terpilih masuk 1st Camp serta penjurian untuk memilih 5 besar yang berhak ikut ke 2nd Camp dan bertemu dengan saya, Emirsyah Satar, Hasnul Suhaimi serta Willy S. Dharma selaku dewan juri.

Selain itu saya juga hadir di Asia Pacific Media Forum, namun inspirasinya sudah ada di instagram saya dan mungkin tulisan saya di buku APMF Perpetual Visionakan saya tulis juga di blog yorissebastian.com

Yang ingin saya bagikan senin ini adalah inspirasi bagaimana sulitnya mendengarkan orang lain. Selama ini saya pikir karena lomba cukup mepet sehingga para peserta terkadang tidak sempat merevisi ide kreatif mereka. Di Adira Innocamp kemarin, waktu cukup banyak dan ada banyak coach yang langsung turun memberikan mentoring. Namun ternyata kebanyakan tetap tidak menggunakan masukan-masukan tersebut sebaik-baiknya. Padahal secara karakter, saya menebak beberapa kandidat potential akan hadir dengan ide kreatif yang akan membawa mereka ke 2nd Camp.

Saya jadi ingat dalam kehidupan kita sehari-hari, seringkali dalam mengerjakan proyek kreatif – kita tidak mau mendengarkan orang lain. Kalaupun sempat mendengarkan, namun kita tidak memanfaatkan masukannya untuk memperkuat ide kreatif kita sehingga bisa menjadi sebuah inovasi yang luar biasa.

Saya jadi ingat, hampir semua inovasi yang saya buat kebanyakan merupakan hasil revisi berkali-kali akibat berbagai masukan luar biasa yang saya terima.Tentunya tidak semua masukan harus saya jalankan, namun kebanyakan masukan yang memang berdasar, pasti saya ambil. Itulah yang menjadi kekuatan berbagai inovasi yang sudah saya jalankan.

I Like Monday program merupakan hasil dari sebuah ide yang awalnya belum ada harinya, namun karena ide awal ini ditolak – maka saya mengajukan konsep yang lebih mendasar dan kali ini saya pilih hari Senin sebagai hari program tersebut. The rest is history. Coba pikirkan kalau saya tidak mau mendengarkan masukan dan tidak mau mengubah ide kreatif saya?

Yang terkini adalah proyek properti dari OMG Consulting di Jakarta. Saya sudah sedemikian yakin dengan ide kreatif kami, hingga suatu hari saya bertemu dengan seorang notaris yang sudah punya banyak sekali pengalaman. Dan…. Semua masukannya sangat valid dan mendasar sehingga membuat saya kini harus kembali ke posisi riset.

Selalu ingat tujuan kita apa? Itulah yang terpenting. Berbagai masukan akan mengubah ide kreatif yang kita miliki namun tetap menuju tujuan yang ingin kita tuju. Tujuan saya membuat konser tunggal setiap minggu untuk artis Indonesia adalah menjadikan mereka tuan rumah di negeri sendiri. Itu yang terpenting, kalau akhirnya acaranya jadi diadakan hari Senin supaya program ini disetujui oleh pimpinan saya, saya tidak masalah mengubah proposal saya. Selama tujuan saya tetap tercapai.

“I can’t change the direction of the wind, but I can adjust my sails to always reach my destination.” Jimmy Dean

Best,
Yoris Sebastian
Founder & Creative Thinker at OMG Consulting
For more creative inspirations, please visit http://yorissebastian.com
Copyright © 2015 Creative Junkies, All rights reserved.
Creative Junkies · 1 Cikatomas, South Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia · South Jakarta 12180 · Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar