Senin, 16 November 2015

APA JUALAN ANDA RUGI?

Jualan itu RUGI! Iya dong pasti rugi kalau kita tidak bisa menetapkan harga jual yang sesuai dengan apa yang telah kita korbankan dalam usaha.

Kalau harga tidak sesuai terus gimana bisnisnya bisa maju dan berkembang..

Dalam berbisnis, kita dikatakan untung saat harga pokok dan pengorbanan yang dilakukan untuk pencapaian suatu produk sudah terbayar melalui Harga Jual.

Dimana - mana, setiap Penjual pada hakikatnya mencari suatu keuntungan, baik itu dari segi materi ataupun MANFAAT yang di hasilkan.
Nah biar tidak rugi, Weebie punya beberapa panduan untuk menentukan Harga Jual dari sebuah Produk.

Sedikitnya ada empat hal yang bisa menjadi pedoman dalam menentukan harga jual yang cocok saat berbisnis, yaitu:

1. Bagi Anda yang baru mulai berbisnis, target untuk "balik modal" perlu menjadi pertimbangan saat menetapkan harga jual produk. Perhitungkan dengan jeli tentang BEP (Break Event Point) dari segi waktu dan kuantitas.

2. Pengorbanan yang saya sebutkan tadi bisa berarti sumber daya apa saja yang sudah Anda pakai selama proses produksi, misalnya bahan baku, pengambilan produk dari pemasok, biaya operasional, sewa gedung, biaya gaji staf, dll. Hitung secara rinci

3. Tetapkan persentase profit yang akan Anda ambil. Yang perlu Anda ingat, besarnya profit harus relevan baik dengan kualitas, kondisi, ataupun manfaat yang dihasilkan.

4. Pedoman penting lainnya saat menetapkan harga jual ialah dengan mmperhatikan harga pasar untuk produk sejenis sebagai harga pedoman.

Melalui 4 indikator tadi, menentukan harga jual akan menjadi lebih mudah, terukur, & efektif untuk membuat bisnis Anda menjadi maju & berkembang. (tentunya harus dikolaborasikan dengan strategi - strategi bisnis yang lain.)

Semoga bermanfaat ya sharingnya ?
"Keuntungan itu ada pada Kualitas & Manfaat Produk serta kebutuhan Konsumen"

Salam,
Surijanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar