Selasa, 15 Desember 2015

Konsep Rumah Ramah Lingkungan

Konsep Rumah Ramah Lingkungan adalah rumah hemat energi. Dengan banyak memanfaatkan pengudaraan alami dan pencahayaan alami. Desain rumah sedemikian rupa sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada AC dan lampu. Dengan memanfaatkan cahaya matahari, yang diperlukan adalah pencahayaan untuk "terang†nya sedangkan "panas†nya dihindari. Salah satu caranya adalah memanfaatkan arah timur/barat/ atau utara/selatan. Jendela harus berkanopi dengan sehingga terpaan langsung cahaya matahari dapat diminimalkan.
Berikut ini Faktor-faktor yang mendukung sebuah rumah menjadi rumah ramah lingkungan antara lain:
1. Rangka atap baja ringan
Penggunaan baja ringan ini sebagai jawaban atas semakin menipisnya jumlah kayu hutan kita. Baja ringan lebih efektif dalam aplikasi atap. Pengerjaannya lebih efisien dalam waktu, dan lebih presisi karena buatan pabrik.
2. Plafond menggunakan gypsum dan rangka besi holow
3. Kusen, daun jendela, pintu menggunakan alumunium/ PVC/ UPVC
4. Penggunaan Atap yang tinggi
5. Tritisan lebar
6. Buat lah banyak bukaan pada rumah tersebut
7. Kanopi tiap jendela
8. Plafond tinggi agar sikulasi udara dapat benar – benar lancar
9. Luas bangunan sebaiknya tidak lebih dari 60% luas lahan
Perbandingan antara luas bangunan dengan lahan hijau idealnya adalah 60-40. Yang mana fungsi taman tidak hanya sekedar mempercantik penampilan rumah, tetapi juga sebagai daerah resapan air hujan.
untuk contoh contoh desain segera miliki disini http://www.contohdesainproperti.com


Langkah Bijak sebelum bangun dan membuka kawasan memiliki koleksi yg menginspirasi bentuk rumah anda disini http://www.contohdesainproperti.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar