Rabu, 04 Desember 2019

INBOX SAHABAT

Inbox Sahabat :

Assalamualaikum Pak Wowiek, salam kenal. Saya M, profesi hipnoterapis. Terima kasih ilmunya di buku Sadar Kaya, saya baru menyelesaikan membacanya. Banyak manfaat dan pencerahan yang saya dapat.

Oh iya, saya ada satu pertanyaan atau mungkin saya minta pendapat Pak Wowiek mengenai cash flow quadrantnya Robert Kiyosaki. Bagi saya, secara teori memang bagus meski untuk menerapkannya butuh upaya keras. Saya sendiri merasa agak terbelenggu, seakan bersalah karena belum menghasilkan passive income sebagaimana yang diajarkan Kiyosaki, sebagai jalan menuju kebebasan finansial.

Hal tersebut terkadang membuat saya seakan mundur. Dalam buku Sadar Kaya, semua orang atau profesi bisa jadi kaya-saya suka kalimat ini. Ini sejalan yang dikatakan Wallace D. Wattles dalam bukunya "The Science of Getting Rich".

Harap berkenan Pak Wowiek memberi tanggapan di sela-sela kesibukannya. Ada baiknya juga Pak Wowiek buat ulasan tentang cash flow quadrantnya Robert Kiyosaki di grup Sadar Kaya (tanpa menyebut identitas saya ya ). 

Mungkin ada yang membutuhkan juga. Terima kasih.

Jawab :

Hai mas..terima kasih untuk pesannya. Saya secara pribadi tidak terlalu pas dengan Kiyosaki. Tidak ada yang namanya pasif income secara harafiah.

Semua milyuner dan bilyuner mau itu buffet, branson, steve balmer, kashogi, mittal, mana ada yang diam. Penciptaan itu terjadi karena pegerakan di porosnya. Centrum gravitates act.

Jadi, syarat kaya pertama, punya profesi. Pembantu itu profesi, ibu rumah tangga itu profesi, politikus itu profesi, pewira usaha itu profesi. Kedua punya ketrampilan, apapun ketrampilan tersebut. Ketrampilan adalah apa yang seseroang kerjakan lebih dari 10.000 jam.

Jadi kalo profesi hipnoterapis telah di pegang 10.000 jam, tidak mungkin tidak ada “rezeki” yang tidak datang. Kalau bermusik 10.000 jam lebih tidak mungkin tidak ada rezeki bermusik setelahnya. Seseorang dengan 10.000 jam sudah menjadi magnet terhadap profesinya dan setelah itu uang nempel ke magnet tersebut.

Impian dan imaginasi adalah arah yang manusia harus set. Untuk kehidupan membuka jalan kesana, “manusia itu menulis sejarahnya sendiri”. jadi impian besar berapi-api semangat, dengan sebuah profesi yang digeluti 10.000 jam..kemakmuran itu kepastian.

Apa yang terjadi kalau mas memliki 3 macam atau lebih 10.000 jam ketrampilan? .

Karena sebagai entrepreneur seseorang itu dalam masa bersamaan mengerjakan lebih dari 1 macam, multi act. Harus urus jualan, harus urus stock, harus urus keuangan, harus urus pegawai, harus deal dengan pemerintah, dan banyak lagi selama lebih dari 10 tahun? Anda pasti milyuner sudah.

Itulah sadar kaya, "millionire in making", dalam proses menuju milyuner saja sudah jadi milyuner.

Jadi milyuner itu bukan tujuan, tetapi perjalanan. It never stop. Enjoy the journey. #peace

***
Penulis : Mardigu Wowiek  Prasantyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar