Rabu, 03 Februari 2016

Cara Paling Ampuh untuk Meledakkan Kinerja Bisnis dan SDM Anda

Salah satu cara paling ampuh untuk meledakaan kinerja bisnis dan juga kinerja SDM perusahaan adalah dengan menggunakan apa yang lazim disebut sebagai Sistem Pengelolaan Kinerja Berbasis KPI atau Key Performance Indicators.
Melalui penetapan KPI atau indikator kinerja yang terukur, maka penetapan target bisnis dan target kinerja menjadi lebih mudah dilakukan.

Melalui sistem KPI, maka penilaian kinerja menjadi lebih obyektif. Tidak lagi management by feeling - manajemen dengan perasaan. Yang acap terpelanting menjadi penilaian Like and Dislike. Bisnis perusahaan Anda bisa terbujur sunyi dalam kematian jika pengelolaan kinerja selalu dilakukan dengan manajemen perasaan.

Sebab seperti kata Peter Drucker : You Can Not Manage What You Can Not Measure. Anda tidak bisa mengelola kinerja SDM atau karyawan tanpa penetapan indikator kerja yang terukur.

Sayangnya, masih banyak perusahaan atau kantor yang tidak bisa menyusun KPI dengan baik. Mereka gagal menemukan dan mengidentifikasi KPI yang cocok untuk beragam fungsi dalam perusahaan. Atau juga KPI untuk beragam jenis bisnis yang berbeda.

Kalau proses pengeloaan kinerja tanpa sistem yang terukur ini terus dilakukan, tentu saja kinerja bisnis Anda bisa termehek-mehek.


Katalog KPI yang super lengkap ini juga memuat daftar KPI untuk hampir semua fungsi dalam bisnis seperti fungsi keuangan, marketing, produksi, IT, warehouse hingga fungsi SDM.

Saya kira Katalog KPI yang Lengkap ini layak dimiliki oleh tim Anda, atau oleh kantor Anda. Sebab dengan begitu, maka proses pengeloaan kinerja di kantor Anda menjadi lebih maknyus dan cetar membahana.



Salam hangat,












Yodhia Antariksa, Msc in HR Management
Blogger Strategi + Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar