Rabu, 02 November 2016

Hot News Saham BUMI

Seperti yang sudah kita antisipasi bahwa sektor batubara masih akan menguat dalam jangka menengah, meskipun dalam jangka pendek sempat terkondolidasi. Pada perdagangan hari ini, sektor batubara kembali berpotensi menggeliat, baik secara teknis maupun dari sentimen fundamental.

Pagi ini sekitar jam 8.15 – 8.20 saya akan bahas beberapa sentimen penggerak industri batubara, selain yang sudah diulas di Kopipagi hari ini,  Live by Phone di IDX Channel TV, Indovision Channel 100, atau okezone.tv

Namun sebelum saya ulas tentang sektor batubara ini, ada Hot News untuk saham BUMI:
 
Sebelumnya, kita dengar berita bahwa Kreditur BUMI menyetujui konversi hutang ke saham, dan harga per saham adalah Rp 950.13 ?
 
Mendengar berita tersebut, PT Bursa Efek Indonesia meminta penjelasan kepada BUMI, mengenai konfirmasi berita yang beredar di media massa.
 
Dalam surat jawaban dari BUMI hari ini, BUMI mengatakan bahwa berita tersebut bersifat spekulatif (belum tentu benar), berhubung proses PKPU masih berlangsung. 
 
Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan fluktuasi liar / panic selling pada saham BUMI / sell on news.
 
Lalu, bagaimana perdagangan saham hari ini?
Bursa Amerika kembali bergerak melemah, Indeks Dow Jones ditutup di level 18,037.10 atau melemah 105.32 poin (-0.58%).  Pelemahan ini merupakan level terendah sejak Juli, pelaku pasar semakin khawatir menjelang pemilihan presiden dan rencanan kenaikan suku bunga acuan Federal Reserve serta rilis data pasar tenaga kerja.

Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 5,416 atau melemah 6.5 poin (-0.135).
Pergerakan IHSG kemarin dipengaruhi oleh data inflasi periode Oktober 2016. Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin melaporkan data inflasi periode Oktober 2016 sebesar 0,14 % . Laju inflasi kumulatif untuk tahun kalender atau Januari-Oktober 2016 sebesar 2,11 %.

IHSG hari ini masih berpotensi untuk terkonsolidasi, cenderung melemah, uji suport 5350.

Harga Minyak Mentah

Minyak turun mendekati penutupan terendahnya lebih dari sebulan terakhir sebelum rilis data minggu dari pemerintah AS yang diperkirakan akan menunjukkan bertambahnya stok minyak.

Berdasarkan survei Bloomberg sebelum laporan Badan Administrasi Energi AS, pasokan minyak mentah diperkirakan naik sebesar 2 juta barel. Sementara itu, American Petroleum Institute melaporkan pasokan minyak mentah AS diperkirakan akan naik 9,3 juta barel pekan lalu.

Harga minyak telah menurun lebih dari 5,5 % sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada Jumat lalu gagal untuk menyepakati kuota negara sebagai bagian dari pelaksanaan perjanjian penurunan produksi kelompok tersebut.

Kemungkinan OPEC mencapai kesepakatan pada pertemuan resmi 30 November mendatang rendah karena berkembangnya perselisihan dalam kelompok, menurut Goldman Sachs Group Inc.

Industri Batubara

Seperti yang sudah saya singgung diatas, sektor batubara kembali berpotensi menggeliat, baik secara teknis maupun dari sentimen positif fundamental.

Pemerintah China telah meminta para perusahaan penambang batu bara terbesar di negara tersebut untuk menutup kontrak suplai 2017 mereka di posisi atau bahkan di bawah level pasar spot saat ini. 

Dalam suatu pertemuan darurat yang berlangsung Kamis, seperti dilansir Reuters kemarin (Senin, 31/10/2016), National Development and Reform Commission (NDRC) meminta para penambang untuk mematok harga kontrak suplai jangka panjang 2017, ini merupakan pertemuan ketiga dalam sepekan.

Produksi batubara China yang terus merosot jadi pendongkrak utama harga batubara global. Produksi batubara China anjlok 12% di September 2016. 

Sentimen positif untuk sektor batubara ini bisa membuat harga batubara alami peningkatan, sedikitnya stok batubara tidak sebanding dengan permintaan batubara karena sekarang sudah memasuki musim dingin.

Pada perdagangan Senin, harga batu bara untuk kontrak Maret 2017, kontrak teraktif di bursa Rotterdam, berakhir melejit 3,41% atau 2,60 poin ke US$78,75/metrik ton.

Sector to watch today : coal & energy

Untuk info saham secara realtime di Telegram Channel bisa Anda dapatkan jika Anda member Ellen May Premium Access.
 Daftarkan diri Anda dalam member Ellen May Premium Access dibit.ly/daftarpremiumaccess

Salam Profit,
@pakarsaham
CEO Ellen May Institute

PS: Senin 7 November 2016, saya akan berikan ulasan tentang saham-saham yang potensial untuk long term investing, yang bagus secara fundamental, dan murah secara valuasi, serta ulasan / review kinerja emiten kuartal 3. Pastikan Anda mendapatkan info tentang saham-saham termurah dan terbaik untuk long term investing pada 7 Nov 2016 melalui Monthly Premium Insight November 2016.


Disclaimer : #kopipagi bersifat sebagai informasi, bukan sebagai perintah atau larangan untuk beli dan jual. Risiko dan keuntungan dalam berinvestasi menjadi tanggung jawab dari pelaku pasar.

Sol
o, 57129, Surakarta, Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar