Senin, 09 Mei 2016

Meledakkan Omzet Bisnis Anda dengan SMART Goals

Halo apa kabar?

Banyak bisnis yang sulit tumbuh karena pengelolaan kinerjanya masih menggunakan metode management by feeling, yang serba tidak jelas, tidak sistematis dan tidak terukur.

Disini kita lalu mengenal metode pengelolaan kinerja berbasis SMART goals. SMART sendiri merupakan singkatan dari specific, measurable, achivable, relevant dan berbasis timeline yang jelas.

Specific artinya sasaran bisnis Anda harus jelas. Bilang bisnis kita haru maju terus adalah impian yang tidak jelas dan tidak spesifik. Maju dibidang apanya? Profit, sales revenue atau pangsa pasarnya?

Measurable artinya sasaran kudu terukur. Bilang kamu harus jadi karyawan yang bagus adalah hal yang abstrak. Bagus dalam aspek apa? Dan apa ukurannya?

Achievable artinya sasaran itu menantang namun sekaligus bisa dicapai. Mindset dalam aspek ini mestinya adalah selalu siap dengan target yang tinggi dan menantang. Gantungkan cita-citamu setinggi langit, bukan setinggi plafon rumah.

Relevant artinya sasaran bisnis relevan dengan aspek utama yang perlu diperbaiki dalam bisnis Anda. Jangan bikin sasaran dalam aspek yang tidak begitu penting. Fokus pada key areas. Ingat prinsip PARETO – 20% aspek utama menentukan 80% hasil.

Timeline artinya sasaran juga merujuk pada deadline yang jelas. Ada pepatah : dream are goals with deadline.
Bagaimana contoh sasaran kinerja yang mengancu pada prinsip SMART dan terukur? Atau contoh performance indicators yang measurable dan cetar membahana?


Salam hangat,











Yodhia Antariksa, Msc in HR Management
Blogger at Blog Strategi + Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar