Minggu, 15 November 2015

STRATEGI - AIDA

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah AIDA di dalam pemasaran. 

Meskipun, resep ini sudah kuno, tapi ketika di praktekkan masih "cespleng" 

Kalau Anda berhasil menerapkan strategi ini. Omset ratusan juta per bulan akan jauh lebih mudah untuk di capai. 

Baiklah, yuk kita kupas! 

Strategi AIDA: 
A : ATTENTION - Bagaimana membuat calon pembeli tergoda dengan penawaran (soft selling) yang kita buat untuk mengumpulkan mereka di satu tempat bersamaan. 

Jika Anda jualan produk buku2 bisnis dan edukasi. Anda bisa membuat pancingan terlebih dahulu ke seluruh database Anda. 
Bisa melalui media fb, bbm, twitter, instagram, path, blog, website, line, atau brosur. 

Buat mereka terpancing dan tergoda dengan strategi jos Anda agar mereka MAU masuk ke tempat yg sudah Anda persiapkan. 
Misalkan, yg nanti terpancing, masukan ke group khusus/secret, baik group bbm, wa, atau group FB. 

Pancingannya bisa berupa, diskon, free member, dapat bocoran strategi jualan yang jos, free ebook, free link video atau audio strategi jualan, bonus surprise, free reseller, dan lain-lain. Anda bisa kembangkan sendiri dengan kreatifitas Anda .... 

I : INTEREST - Bagaimana membuat calon pembeli tergoda dengan solusi yang di sediakan oleh produk kita bagi masalah yg mereka hadapi sehari-hari. 

Setelah calon pembeli terkumpul masuk ke group kita. Berikan solusi dari masalah-masalah mereka, kasih tips atau strateginya dengan tulus. 

Tujuannya, tidak lain Agar mereka yakin dengan makin percaya kepada Anda dan makin ketagihan dengan strategi-strategi Anda yang lainnya. 
Kalau strategi pertama bagus, kemungkinan besar mereka akan menunggu-nunggu strategi selanjutnya. 

D : DESIRE - Bagaimana membuat calon pembeli yang sudah tergoda dg manfaat produk kita. Bahkan, kalau perlu buat mereka sanpai Gelap mata dan sangat bernafsu untuk segera memiliki produk yang Anda tawarkan. 

Begitu calon pembeli sudah mulai tergoda dengan solusi yg Anda tawarkan. Barulah, kemudian Anda tawarkan produk dengan bonus atau dengan memberikan diskon yang yang lumayan besar. Atau penawaran spesial yang lainnya. Agar mereka MAU membeli produk Anda. 

Sehingga, spesial penawarannya khusus yg masuk di group. Buatlah mereka sampai gelap mata 

A : ACTION - Bagaimana memancing pasar yang sudah tertarik dg penawaran kita langsung bergerak CEPAT membeli produk Anda karena mereka takut tidak akan kebagian. 

Saya yakin, setelah Anda mempraktekkan strategi AIDA ini dengan sungguh-sungguh. Paling tidak omset Anda bisa naik minimal 2x lipat dari omset sebelumnya. 

Kalau omset Anda belum juga naik setelah membaca tulisan ini. 
Kemungkinan besarnya ada 2, yaitu: 
Pertama, Tulisannya cuman di baca doank. 
Kedua, Anda hanya membaca tulisan ini tetapi Anda belum mempraktekkan habis-habisan dengan strategi AIDA ini. 

Anda bisa terus mengasah terus ketrampilan dalam menjual Anda. Dan belajar lebih jauh lagi dengan para praktisi jualan. 

Selamat Berjuang! 

Happy weekend... 

Surijanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar